Sebelum mendesain
produk kita harus tau terlebih dahulu
produk apa yang kita mau dibuat, apakah produk minuman,sembako, toko mas, toko baju atau salon, apa tujuannya
kita harus terlebih dahulu mengetahui
itu? Ya! kita harus tau karena kalau kita tidak tau produk yang kita buat itu
apa sama aja g ada artinya… maksud disini pesan yang ada pada pamplet/merk toko
tidak sampai pada orang yang melihanya, bayangkan j bila kita buat pamplet atau
merk toko tapi pesan yang ada pada
pamplet tidak dimengeti pada orang yang membacanya atau pun mengerti tp tidak
jelas infonya orang jadi malas untuk datang.
Baiklah
saya akan menjelaskan beberapa hal yang harus diperhatikan sebelum mendesain
produk agar efisien.berikut penjelasanya :
Kenapa
konsepitu dianggap penting?y emang penting bukan diangap penting lagi bro….
hee.. Tanpa konsep sama aja omong kosong. Konsep adalah hal pertama yang harus
terlebih dahulu kita utamakan sebelum mendesain. karena dengan konsep kita bisa
tau apa yang mau kita buat, misal kita mau membuat toko emas berarti apa yang
mau kita desain kita bisa tau apa aja yang harus kita tuangkan pesan dari isi
pampplet tersebut tentunya dengan keinginan konsumen pengennya seperti apa isi
informasi dari pamplet tersebut
2.
Ukuran
Mengetahui
Ukuran sama pentingnya seperti konsep,
ibarat dua mata sisi logam yang tidak bisa dipisahkan. Kebanyakan orang mnganggap sepele masalah ukuran ini tp bagi
orang desain ukuran adalah hal yang paling penting setelah konsep karena apa ?
seandainya kita mendesain merk toko 3x1 trus pihak konsumen kepengin ukuran
2x80 otomatis kita harus desain ulang dan tentunya banyak waktu yang terbuang
sia-sia, cape juga otak mikirnya, he…..jadi mengetahui ukuran pamplet atau merk
toko itu penting.
3.
Warna
Warna sebagai termasuk dalam ranah nirmana. Terkadang pemakaian
warna sangat membantu dalam pemilihan font dalam typografi. Kemampuan
penguasaan budaya dan warna sangat berpengaruh dalam menentukan sebuah warna
dalam pemakaian ke dalam produk desain, oleh karenanya penguasan warna
merupakan syarat penting untuk desainer pemula.
Gunakan
warna yang kontras agar lebih kelihatan menonjol di banding lingkungan
sekitarnya sehingga iklan Anda lebih menonjol dan menarik.
Intinya kita harus pandai – pandai
menyesuaikan pemilihan warna dengan apa yang kita desain Dengan kata lain kita
harus sedikit banyak mengetahui arti – arti warna.
4.
Tata letak
Tata letak merupakan hal yang harus diperhatikan juga karena
sangat berpengaruh dari pengaruh isi informasi pada produk tersebut, tujuan ini
lain supaya mempermudah orang melihat dan mudah memahami isi dari produk
tersebut.
5.
Pemilihan font
Dalam
hal ini kita harus benar – benar memahami jenis font dan karakter font atau
ilmu tipograpy. tipografi merupakan seni memilih dan menata huruf dengan
pengaturan penyebarannya pada ruang-ruang yang tersedia, untuk menciptakan
kesan khusus, sehingga akan menolong pembaca untuk mendapatkan kenyamanan
membaca semaksimal mungkin. dan juga perhatikan Buat
ukuran font teks dan design yang mudah dibaca dalam jarak jauh
sehingga pengendara dari jarak jauh bisa dengan mudah membaca iklan anda.
bersambung.......
bersambung.......